Cara memastikan penyakit sipilis dan pencegahan resisten

Memastikan penyakit sipilis – Ada beberapa cara memastikan penyakit sipilis. Salah satunya dengan memperhatikan gejala penyakit. Berikut penjelasan lengkap bagaimana cara seseorang memastikan penyakit sipilis dengan akurat.

Cara memastikan penyakit sipilis dan menghindari resisten

Cara memastikan penyakit sipilis dan menghindari resisten

Pencegahan Sipilis

Setia dengan pasangan ialah upaya paling mujarap untuk mencegah penyakit sipilis. Pemakaian kondom dapat dilakukan untuk Tindakan pengamanan alternatif dalam upaya mengurangi potensi infeksi sipilis, terutama di kalangan PSK. Meskipun, alat kontrasepsi tersebut terbatas dalam mencegah infeksi. Sipilis masih dapat menginfeksi melalui sex oral. Hal ini terjadi saat mulut Melakukan kontak langsung dengan lesi pada organ Vital seksual yang telah terjangkit.

Amat penting untuk menggunakan kondom pada saat melaksanakan hubungan seks oral, vaginal, atau anal. Pakai dental dam saat melaksanakan seks oral. Dental dam yaitu selembar kain dari lateks. Alat tersebut Berguna Untuk penghalang antara mulut serta organ intim jadi infeksi penyakit seksual dapat dicegah.

Jangan berhubungan seksual secara oral, vaginal, atau anal sampai penanganan sipilis Usai dilakukan Bersama siapa pun. Sebab seseorang akan Berpotensi terjangkit lagi kalau Melakukan kontak dengan orang yang mempunyai banyak pasangan seksual maupun justru seseorang dapat menularkan penyakit ke orang lain.

Sipilis juga dapat menginfeksi tanpa harus lewat Kontak seks. Kalau Anda pemakai narkoba injeksi maupun penggemar seni merajah tubuh, jangan pernah memakai jarum injeksi bersama orang lain. Seseorang disarankan untuk selalu menggunakan jarum yang sudah disterilkan.

Yang terakhir akan tetapi tak kalah pentingnya, Untuk ibu hamil, terutama yang mempunyai riwayat terinfeksi sipilis sebelumnya untuk melaksanakan Uji darah guna mendeteksi sipilis. Tes tersebut umumnya Dilaksanakan saat umur Kandungan berada di antara 3 – 5 bulan serta akan diulang secara terjadwal Jika hasilnya positif.

Memastikan penyakit sipilis

Cepat konsultasikan kepada ahli atau klinik spesialis gangguan kemaluan Apabila terdapat potensi bahwa seseorang sudah terkena sipilis. Kalau sipilis diobati dan di tangani dengan segera, komplikasi berbahaya dapat Dicegah. Peluang dalam kesembuhan sepenuhnya juga Makin besar.

Pada awalnya, dokter akan Bertanya keluhan seputar tanda yang seseorang rasakan sebelum melaksanakan pemeriksaan Tubuh secara keseluruhan. Terutama pemeriksaan di antara alat kemaluan serta juga dubur. Mereka juga akan memeriksa ruam serta kulit tumbuh pada mulut dan tenggorokan.

Sedangkan, dokter biasanya akan menyarankan seseorang untuk melaksanakan beberapa tes di bawah ini:

Uji darah
Seusai pemeriksaan fisik usai, selanjutnya dilakukan uji darah Demi memastikan keberadaan penyakit sipilis di dalam badan pasien. Uji darah dapat Mendiagnosis adanya antibodi yang dihasilkan oleh badan demi melawan sipilis. Antibodi terhadap kuman sipilis akan tetap berada di badan selama bertahun-tahun.

Baca juga : “ Pengobatan sipilis ampuh

Salah satu uji darah yang spesifik demi mendeteksi kuman Treponema pallidum yaitu Treponemal Antibody Test. Seseorang dengan hasil tes yang positif hampir pasti akan Terdeteksi mengidap sipilis. Akan tetapi, uji tersebut akan tetap Menunjukan hasil positif bertahun-tahun seusai sipilis di tangani.

Maka dari itu, demi menentukan apakah seseorang mengidap sipilis pada saat ini maupun pada masa lampau, diperlukan pemeriksaan tambahan yang disebut RPR (Rapid Plasma Reagin). Seseorang yang sedang mengidap sipilis akan Memberikan hasil Treponemal Antibody Test positif disertai RPR positif.

Penyakit sipilis amat berbahaya untuk bayi di dalam Rahim maupun bayi yang baru saja dilahirkan. Oleh karena itu, wanita mengandung disarankan untuk melaksanakan uji darah untuk sipilis. Uji ini umumnya dilakukan saat umur kandungan berada di antara 3 – 5 bulan. Apabila Deteksi sipilis telah dipastikan, penyembuhan serta penanganan dapat dilakukan secepatnya.

Pemeriksaan cairan lesi maupun tukak
Apabila terdapat lesi, dokter akan mengambil sedikit cairan dari lesi untuk sampel demi analisis laboratorium. Uji tersebut cuma dapat dilakukan untuk sipilis primer maupun sekunder, yakni saat Ada lesi maupun tukak. Sampel cairan dapat menunjukkan apakah ada kuman yang mengakibatkan sipilis.