Penyebab keluar nanah dari alat kelamin dan cara penyembuhannya

Keluar nanah dari alat kelamin – Orang yang mempunyai aktifitas seksual yang tinggi akan berpotensi lebih besar mengalami gangguan kelamin. Salah satunya ialah keluar nanah dari alat kelamin. Beberapa penderita bahkan tidak hanya mengalami gejala itu saja, gejala lain juga kerap di rasakan seperti pembengkakan pada kemaluan, bau tidak sedap dan juga rasa nyaman serta gatal pada area kelamin.

Penyebab keluar nanah dari alat kelamin

Penyebab keluar nanah dari alat kelamin

Kegiatan seksual secara berlebihan merupakan salah satu penyebab  paling sering terjadi pada setiap orang. Terutama pada seseorang yang sering berganti-ganti pasangan seksual. Sangat di sarankan untuk segera melakukan penanganan jika seseorang mengalami salah satu gejala penyakit tersebut. Lalu bagaimana cara menanganinya ? Apa nama obat yang tepat untuk mengatasi gejala keluar nanah dari alat kelamin ?

Penyebab keluar nanah dari alat kelamin

Keluar nanah dari alat kelamin merupakan salah satu gejala infeksi gonore yang banyak di jumpai pada orang yang mempunyai kegiatan seksual yang tinggi. Gejala tersebut sering muncul pada seseorang yang terinfeksi antara 2-9 hari setelah melakukan kegiatan yang berpotensi. Seperti yang sudah di sebutkan di atas bahwa penyebab paling sering seseorang terinfeksi gonore ialah melakukan kegiatan seksual secara berlebihan atau sering berganti-ganti pasangan seksual. Maka tidak heran jika banyak di temukan para pekerja seks komersial mengalami penyakit tersebut.

Infeksi gonore disebabkan oleh bakteri bernama neisseria G. Jenis bakteri ini tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia sehingga sangat jarang di jumpai seseorang yang terinfeksi akibat dari penggunaan peralatan yang sama dengan penderita.

Gejala infeksi gonore sering sekali menimbulkan keluar cairan yang tidak wajar dari alat kelamin, baik berwarna hijau atau putih kental. Oleh sebab itu, infeksi gonore juga disebut dengan penyakit kencing nanah.

Infeksi gonore atau penyakit kencing nanah tidak hanya menyerang alat kelamin saja, beberapa penderita juga di temukan mengalami gangguan gejala gonore pada tenggorokan, mata dan juga anus. Hal ini di buktikan dengan adanya bakteri pada organ tubuh tersebut.

Banyak orang berpikiran bahwa hanya orang dewasa yang dapat mengalami gonore, pada kenyata’annya seorang bayi yang baru lahir juga berpotensi terinfeksi gonore. Hal semacam itu terjadi akibat dari ibu yang mengandungnya mengalami positif gonore.

Pada bayi biasanya paling sering muncul gejala pada mata. Mata akan mengalami gangguan seperti iritasi, demam atau keluarnya cairan putih dari mata. Tanpa penanganan, gangguan pada mata dapat menyebabkan kebuta’an permanen.

Gejala awal gonore

Banyak penderita yang tidak menyadari akan gejala awal infeksi gonore. Situasi tersebut yang sering di alami oleh para penderita wanita karena gejala biasanya muncul mirip dengan gejala gangguan vagina pada umumnya wanita ketika akan menstruasi. Hal itu juga yang menyebabkan sebagian penderita wanita tidak melakukan penanganan dengan segera.

Berbeda dengan penderita gonore pria yang cenderung lebih mudah mengenali gejala infeksi gonore dan segera melakukan penanganan. Para ahli kesehatan kelamin menyebutkan bahwa penderita yang melakukan penanganan dengan segera cenderung akan lebih cepat sembuh dari gejala gonore di banding dengan seseorang yang menyepelekan dan mengulur waktu untuk melakukan penanganan.

Untuk gejala awal yang umum terjadi pada pria maupun wanita ialah

  • Rasa sakit saat kencing
  • Keluar nanah
  • Rasa tidak nyaman pada kelamin saat beraktifitas
  • Demam
  • Muncul rasa ingin buang air kecil yang sering
  • Gangguan tenggorokan
  • Badan mudah lemas
  • Gatal di sekitar kelamin

 

Selain itu ada juga gejala yang hanya di alami oleh penderita pria saja yaitu :

  1. Pembengkakan pada batang penis
  2. Ujung penis yang terasa sakit

 

Sedangkan untuk penderita wanita :

  • Menstruasi terasa lebih berat
  • Mengalami keputihan yang tidak wajar
  • Bau tidak sedap pada vagina

 

Sangat di sarankan untuk segera melakukan penanganan bak dengan cara memeriksakan diri ke dokter atau dengan melakukan pemesanan obat langsung dengan berkonsultasi terlebih dahulu.

Perlu untuk di ingat bahwa penanganan pada penderita infeksi gonore tidak boleh di lakukan dengan setengah -setengah atau berkesan sembarang, sebab sifat dari bakteri penyebab gonore yang dapat resisten terhadap obat. Jika telah resisten dapat berakibat besarnya potensi komplikasi pada infeksi gonore.

Cara menyembuhan keluar nanah dari alat kelamin

Ada banyak cara untuk menyembuhkan gejala infeksi gonore seperti keluar nanah dari alat kelamin, salah satunya ialah dengan memanfaatkan jasa dokter spesialis. Dengan datang langsung ke dokter dan melakukan penanganan dengan segera akan sangat mempengaruhi waktu untuk sembuh dari penyakit gonore kencing nanah.

Biasanya dokter akan menanyakan terlebih dahulu mengenai gejala yang di rasakan sebelum melakukan pemeriksaan. Setelah itu baru akan dilakukan pemeriksaan fisik pada penderita gonore.

Baca juga : ” Pengobatan Sipilis & Gonore Ampuh “

Ada 2 macam cara untuk memastikan seseorang terinfeksi penyakit gonore yaitu dengan memeriksakan sampel cairan yang keluar dari kelamin atau dengan melakukan tes darah.

Setelah selesai dalam memastikan penyakit dan hasilnya positif, dokter biasanya akan memberikan pilihan kepada pasien untuk pemberian obat yaitu pemberian obat dengan cara di suntik atau mengkonsumsi pil/kapsul.

Pemberian obat melalui sistem injeksi biasanya untuk seseorang yang baru mengidap gejala gonore awal sedangkan untuk kapsul biasanya di berikan pada seseorang yang masuk ke kategori fase lanjut. Dalam beberapa kasus bisa saja satu jenis obat injeksi di kombinasikan dengan obat jenis kapsul.

Pengambilan sampel cairan kelamin dan tes darah

Seperti yang telah disebutkan bahwa ada beberapa cara untuk memastikan seseorang telah terinfeksi penyakit kencing nanah, yaitu dengan mengambil sampel yang keluar dari alat kelamin atau dengan melakukan tes darah.

Pengambilan sampel dari alat kelamin biasanya di lakukan dengan bantuan semacam cotton bud. Cairan yang di maksud ialah cairan atau lendir yang keluar dari kelamin bukan urine. Meskipun pada penderita pria, urine juga dapat memastikan seorang pria terinfeksi gonore atau tidak. Namun untuk penderita wanita, pemeriksaan urine di anggap tidak akurat.

Kemudian cairan yang sudah di ambil dari kelamin akan di periksa di laboratorium guna memastikan seseorang terinfeksi penyakit gonore kencing nanah.

Sebagian penderita wanita merasa tidak nyaman dengan cara tersebut, meskipun cara tersebut tidak terasa sakit. Namun penderita wanita biasanya risih atau malu terutama jika dokter merupakan lawan jenis. Maka bisa dengan menggunakan tes darah.

Tes darah di anggap paling akurat di banding dengan cara sebelumnya. Dengan tes darah, tidak hanya akan terlihat bakteri gonore, jenis bakteri lain juga dapat terdeteksi jika seseorang telah lama mengidap penyakit gonore.

Obat keluar nanah dari alat kelamin

Ada beberapa jenis obat keluar nanah dari alat kemaluan, namun yang sering di jumpai ialah obat dengan bahan dasar kimia dan herbal. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu sangat penting untuk Anda yang sedang mencari obat yang tepat mengatasi gonore untuk membaca artikel ini.

Obat berbahan dasar zat kimia biasa di pakai oleh dokter pada umumnya. Selain karena bisa di berikan dengan sistem injeksi, obat berbahan dasar kimia juga cenderung lebih mudah mengkonsumsinya. Contohnya jika penderita belum terbiasa mengkonsumsi obat dengan bentuk kapsul/pil, biasanya akan di sarankan untuk mengkonsumsi obat dengan sistem injeksi.

Namun sayangnya jenis obat gonore berbahan dasar kimia mempunyai efek samping, oleh sebab itu di perlukan pemeriksaan terlebih dahulu guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan dan demi menentukan dosis yang tepat.

Beberapa efek samping dari obat gonore berbahan dasar kimia ialah muncul rasa pusing, mual, demam, tidak enak badan atau bahkan ada juga sampai timbul alergi.

Selain itu jenis obat kimia juga tergolong lebih mahal terlebih tidak setiap kota terdapat dokter spesialis yang menyediakan obat khusus gonore.

Lalu bagaimana jika seseorang tidak cocok dengan obat tersebut ? Untuk Anda yang tidak cocok dengan obat berbahan dasar kimia, Anda dapat mencoba obat khusus gonore dengan bahan herbal. Biasanya jenis obat ini jual melalui online atau di apotik terdekat. Dengan catatan perlu konsultasi terlebih dahulu.

Obat herbal gonore selain tidak menimbulkan efek samping, harganya juga tergolong lebih ekonomis. Namun cara konsumsinya harus rutin dan hanya tersedia dalam bentuk kapsul/pil.